Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Muhammadiyah Magelang

Resimen Mahasiswa Batalyon 932 Cakra Surya Chandra Universitas Muhammadiyah Magelang adalah Resimen Mahasiswa bergerak dibidang olah keprajuritan, kedisiplinan, dan wawasan bela negara. Yang termasuk kegiatan latihan rutin yang dilakukan, antara lain:

1.      Pendidikan dan Latihan PBB

Latihan ini dilakukan untuk mengetahui tentang aturan baris-berbaris dan sebagai wujud latihan fisik yang berguna untuk menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab.

2.      Mengampu siswa-siswi SMA/SMK disekitar daerah Magelang.

Mengampu materi tentang kepemimpinan dan PBB kepada Paskibra, Hizbul Wathon.

3.      Mountainering

Mengajarkan tentang berbagai perlengkapan yang digunakan untuk repling atau wall climbing.

4.      Renang

Salah satu kegiatan diklat yang dilakukan anggota Menwa yon 932 CSC sebagai bentuk kekuatan fisik.

Pentas Pertengahan Teater Fajar

Pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2017, Teater Fajar salah satu UKM di UMMagelang mengadakan pentas pertengahan berjudul “Ketika Iblis Menikahi Seorang Perempuan (When The Devil Take A Wife)”. Ketika Iblis Menikahi Seorang Perempuan (When The Devil Take A Wife) merupakan karya Nicholo Michiavelli dan diterjemahkan oleh T. Arif.

Pementasan ini disutradarai oleh Adi Gemok dan dilakukan sebanyak dua sesi yaitu pada pukul 15.00 dan 20.00 bertempat di Auditorium Kampus 1 UMMagelang. Pementasan ini dapat menarik banyak penonton dan pementasan ini juga berjalan dengan sukses.

UKM LPM Tidar 21

LPM TIDAR 21  (Lembaga Pers Mahasiswa) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM Tidar21) merupakan salah satu Organisasi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Magelang yang bergerak dibidang Jurnalistik, Fotografi, dan Videografi. Keberadaannya diharapkan dapat memberikan kontribusi keilmuan, informasi yang cepat, serta ajang pelatihan bagi para Mahasiswa.

Tugas pokoknya:

  1. Pembuatan Buletin
  2. Pembuatan Majalah
  3. Video Reportase
  4. Pembuatan Majalah Fotografi
  5. Kunjungan Media Cetak/foto dan Video
  6. Lomba Foto dan Video (media sosial)

https://www.instagram.com/lpm_tidar21/?hl=id

UKM Mentari

UKM MENTARI bergerak dibidang kegiatan alam, kemanusiaan, tanggap bencana, dan SAR. Latihan rutin di MENTARI yang biasa dilaksanakan adalah panjat tebing, rafting dan konservasi

Kegiatan yang pernah dilaksanakan

  1. Kompetisi dayung, yang bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan kompetensi anggota MENTARI , meningkatkan daya saing yang sportif, menambah eksistensi MENTARI di luar kampus, serta mencetak track record yang positif.
  2. Pemateri di TNGM(Taman Nasional Gunung Merapi), tujuanya yaitu untuk melatih siswa-siswa agar  peka dalam hal menjaga alam serta melatih skill terkait rapling dan panjat tebing.
  3. RAYON IV PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah), mengasah skill bersama seluruh Mapala Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Jateng dan DIY.
  4. Jambore RAYON IV, membahas isu yang menyangkut dengan Mapala Seluruh Indonesia serta menjalin silaturrahmi sesama Mapala Perguruan Tinggi Muhammadiyah Lainya

 

 

UKM TPSM

Bentuk kegiatannya:

  1. latihan rutin
  2. partisipasi kejurnas
  3. partisipasi POM Rayon
  4. latihan gabungan
  5. tryout
  6. ukt

Kegiatan Rutin harian (selasa dan kamis). Dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas atlet serta menjadi wadah pesilat” muda yang sedang mulai meng eksplor kemampuannya. Sebagai sarana olahraga rutin dan latihan beladiri yabg diharap mampu dimanfaatkan dengan baik dalam membela diri dalam kehidupan.